Jumat, 10 Februari 2012

Pulau Samalona

PULAU SAMALONA

PULAU Samalona adalah satu dari 11 pulau di Kota Makassar terletak di Kecamatan Mariso, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Berjarak 6,8 kilometer dari pesisir Kota Makassar. Luasnya 2,34 hektar. Pulau ini sangat terkenal sebagai tempat snorkeling dan menyelam. Karang laut bertebaran di sekeliling pulau membentuk taman bawah laut yang sangat indah dengan berbagai macam ikan berwarna-warni.

Terdapat dua lokasi penyelaman ideal di sekitar pulau, yaitu di sebelah timur dan di sebelah utara pulau. Kedalaman di dua lokasi ini sekitar 30 meter. Memiliki karang dan koral yang sehat di mana ikan berwarna-warni menari-nari. Ada pula kura-kura dan ikan pari.

Di dekat perairan Pulau Samalona, di kedalaman 30 meter, terdapat bangkai kapal pengebom, Lancaster Bomber, yang sudah berubah menjadi karang dan menjadi hunian habitat ikan hias. Perairan Samalona memang pernah menjadi lokasi pertempuran pada Perang Dunia II.

Selain misteri dan keindahan taman lautnya, para wisatawan juga dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenamnya matahari pada satu posisi yang sama. Di pulau ini, para wisatawan dapat menikmati kelezatan berbagai macam seafood segar yang dimasak dengan cara yang begitu cukup unik, yaitu diletakkan diatas tempurung kelapa kemudian ditutupi dengan daun pohon yang tumbuh disekitar pulau.

Akses :
Pulau Samalona dapat ditempuh menggunakan perahu carteran dari Dermaga POPSA. Perjalanan ke Pulau Samalona hanya membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit.


Foto-Foto :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar