Rabu, 22 Februari 2012

Makanan Khas


 1. Coto


Coto merupakan sup dengan bumbu dan kuah kaldu. Bahan utama isi sop ini adalah daging sapi. Bagi yang tidak terlalu punya masalah dengan kolesterol, Anda juga bisa menikmati jeroan seperti usus, hati, paru-paru, jantung, babat, atau otak sapi. 



2. Konro

Masakan khas yang disajikan berupa sop berkuah maupun dibakar dengan bahan-bahan dasar seperti tulang rusuk sapi atau kerbau, dimasak/dibakar dengan bumbu khas.




3. Sop Saudara

Masakan khas, dari kota pangkep yang berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar seperti daging sapi/kerbau yang dimasak dengan aneka bumbu dan disajikan bersama nasi putih atau ketupat dengan Ikan Bakar sebagai tambahan lauknya.






4. Pallu Basa

Pallu Basa ini hampir mirip dengan Coto tetapi dengan aroma kuah yang sedikit berbeda, santannya lebih kental dan serbuk kelapa sangrai terasa menyatu dengan kuahnya. Isinya aneka campuran daging dan jeroan dari sapi dan (katanya) kerbau.



5. Kapurung

Makanan khas makassar, khususnya masyarakat daerah Luwu (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur. Sup ini ada sagunya, selain itu ada sayur seperti kangkung, terong, jantung pisang dan jagung muda, ikan, udang, dan ayam.



6. Pallu Ma'ra

Makassar juga punya makanan khas yang terbuat dari ikan yaitu Pallu mara. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan bandeng atau di Makassar dikenal dengan nama ikan bolu.Ditambah dengan cita rasa dari kuah yang terbuat dari rempah-rempah tradisional.




7. Barobbo   

Barobbo ialah bubur jagung berkaldu kental dengan beberapa sayuran seperti bayam, kangkung, dan batang seledri cincang. Ada juga tambahan lain, yakni ebi, telur, dan udang.. Kaldunya diperoleh sebagai hasil saripati campuran air dengan nasi. Racikan bumbu dalam kaldu dibubuhi bawang merah dan bawang putih yang dicincang halus, ditambah merica bubuk lalu ditaburi garam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar